Menu

Waktu Terbaik Untuk Jalan-jalan ke Kalijodo


Lantaran mempunyai skatepark terbesar di Jakarta, kalijodo kini sudah menjadi alternatif destinasi wisata Ibu Kota, Tapi, jauhnya jarak Kalijodo dari pusat kota ini kerap menjadi halangan untuk wisatawan berkunjung.

“Sayang tidak dekat ya tempatnya, padahal bagus ini. Kalau ada di tengah kota tentunya udah rame banget,” ujar Fandi Anwar, salah satu wisatawan yang ditemui di Kalijodo.

Waktu terbaik

Selain jarak, keluhan lain dari wisatawan di Kalijodo ialah suasana yang masih gersang. Teriknya mentari dijadikan oleh masih sedikitnya jumlah pohon begitu menyengat di sana.

Kalau siang hari, terus panas banget Jika rindang mungkin sejuk ya, makin seru mainnya,“ tambah Fandi.

Sebab teriknya matahari,

“Kalijodo ramainya sore ke malam. Jika malam Minggu sampai ngantre yang mau nyewa mainan. Nanti habis maghrib mulai padat biasanya,” kata Kiki kepada kami, saat ikut dalam tur ‘Wisata Warisan Ahok’ dengan Jakarta Food Traveler.

Selain waktu sore, di akhir minggu atau libur panjang terdapat bazaar di taman ini. Bazaar yang sudah mengantongi izin resmi ini biasanya menjajakan stan-stan makanan, minuman dan pakaian.

Waktu Terbaik Untuk Jalan-jalan ke Kalijodo

Waktu Terbaik Untuk Jalan-jalan ke Kalijodo (Sumber: kompas.com)

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo ini berlokasi di Jalan Kepanduan II, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Untuk menuju ke sana ada sejumlah alternatif termudah, yaitu:

Pilihan pertama naik commuterline tujuan Stasiun Kota, kemudian berpindah armada transportasi angkot B02 tujuan Cengkareng. Cuma sekitar sepuluh menit, turun di Kantor Camat Tambora. Dari sana Anda tinggal jalan, sekitar 3 menit sampai ke Kalijodo.

Pilihan kedua, Kamu juga bisa naik commuter dengan tujuan Stasiun Angke. Lalu berpindah ke moda transportasi angkot yang sama, B02 sampai di Kantor Camat Tambora.

Salah satu fasilitas nyaman menuju Kalijodo ialah menggunakan bus level free, yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Anda bisa menaikinya dari Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan.

Ada tiga bis wisata level yang dioperasikan untuk rute Balai Kota-Kalijodo dalam 1 hari. Bus wisata ini melalui rute Balai Kota-Sarinah-Tosari-masuk Tol Semanggi dan keluar Tol Pluit Tomang-Kalijodo. Untuk arah sebaliknya, dari Kalijodo masuk Tol Pluit Tomang-keluar Tol Semanggi-Tosari-Bundaran HI-Sarinah-Balai Kota.

Bagi yang ingin mencobanya, bus ini beroperasi mulai pukul 11.00 sampai 19.00 WIB setiap Senin hingga Jumat. Lalu pukul 09.00 hingga 23.00 WIB pada Sabtu, dan 12.00 hingga 19.00 WIB pada Minggu.

Leave a reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *