Menu

Pola Belajar di Rumah yang Efektif Agar Anak Jadi Pintar di Sekolah


Agar anak jadi pintar di sekolah biasanya setelah belajar di sekolah pun, orang tua akan menyuruh anaknya belajar kembali di rumah. Tidak hanya sekedar PR, anak juga harus mengulang pelajaran yang tadi sudah dipelajari di sekolah, dan mempersiapkan untuk pelajaran berikutnya.

Tentu hal-hal di atas tersebut akan memakan banyak waktu. Bahkan ada orang tua yang juga mengantarkan anaknya ke lembaga les atau memanggil guru les ke rumah untuk membimbing anak belajar ber jam-jam.

Namun, sebenarnya berapa lama durasi belajar yang baik?

Berapa kali sehari pula belajar itu baik untuk anak? Pada waktu kapan saja?

Pola Belajar di Rumah yang Efektif Agar Anak Jadi Pintar di Sekolah

Pertama, berhubungan dengan waktu belajar tidaklah bijak menyuruh anak untuk langsung belajar lagi setelah ia pulang dari sekolah.

Paling tidak berikan jeda 1 hingga 2 jam agar anak bisa mengistirahatkan fisik dan otaknya hingga ke dalam keadaan rileks, kemudian siap untuk menerima pelajaran baru.

Kemudian, atur waktu sesuai dengan suasana belajar. Misalnya jangan suruh anak belajar di ruang tengah apabila di waktu tersebut adalah jadwal adiknya bermain.

Anak tidak akan konsentrasi secara penuh dan belajar yang dilakukan berjam-jam pun tidak efektif.

Berikutnya, agar anak jadi pintar di sekolah secara menyenangkan, atur jadwal belajar sesuai jadwal pelajaran anak. Menyuruh anak untuk belajar beberapa mata pelajaran sekaligus dalam satu hari dapat membuat anak stress dan malah tidak efektif untuk pemahamannya.

Jangan menyuruh anak untuk mempelajari ulangan yang masih lama akan datang setiap hari selama berjam-jam, lebih baik untuk belajar sedikit-sedikit beberapa hari sekali.

Selain itu, atur juga jadwal belajar anak anda sesuai dengan kegiatan anak yang lain. biasanya anak juga memiliki kegiatan lain seperti klub permainan atau perminatan, ekstrakurikuler, dan lain-lain. Belajar dalam keadaan capek sangatlah tidak dianjurkan untuk anak.

Selanjutnya, jadwal belajar anak ini perlu didisiplinkan agar anak terbiasa bahwa setiap jam sekian anak harus belajar. Agar anak jadi pintar di sekolah, belajar terlalu lama tidak disarankan. 2 jam setiap hari adalah durasi yang cukup untuk beberapa mata pelajaran, disesuaikan dengan porsi belajar masing-masing.

Terakhir, selalu ajak anak untuk belajar mulai dari pelajaran yang paling mudah atau yang paling menarik baginya. Hal ini dapat membangun mood anak baik sejak awal, sehingga ketika ada sesuatu yang sulit ia tidak begitu mudah menyerah.

Anda juga bisa mendukung kegiatan belajar anak dengan menyediakan peralatan yang disukai anak.

Sediakan pula waktu anda sekali-sekali untuk menemaninya belajar. Karena agar anak menjadi pintar di sekolah, dibutuhkan kontribusi, perhatian, dan dukungan dari orang tua.

Leave a reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *