Menu

Pertumbuhan Janin pada Kehamilan 7 Bulan


Salah satu kebahagiaan seorang wanita adalah ketika anda diberi kepercayaan oleh Tuhan dengan dikaruniai seorang anak. Oleh karena itu, bagi anda yang sudah mendapatkan karunia seperti itu pasti akan menjaganya dengan sepenuh hati bukan? Anda bahkan akan melakukan apapun demi janin yang anda kandung memiliki tumbuh kembang yang sempurna.

 

Apalagi jika anda sedang memasuki usia kehamilan 7 bulan, pasti rasa khawatir anda lebih besar akan hal-hal disekitar. Segala sesuatunya akan makin bertumbuh dan berkembang. Namun apakah anda tahu dan sadari apa saja perkembangan janin di usia kehamilan tersebut? Berikut adalah ulasan mengenai perkembangan janin di usia 7 bulan.

Pertumbuhan Janin pada Kehamilan 7 Bulan

Perkembangan janin pada kehamilan 7 bulan adalah berat dan panjang janin tumbuh dengan sangat cepat dari hari ke hari. Berat janin pada usia ini biasanya ada di sekitaran 1,2kg hingga 1,5kg dan panjang janin anda biasanya sudah mencapai 37-40cm.

 

Karena beratnya yang mulai membesar dan tumbuh dengan cepat, maka ruang yang ada di kandungan anda akan semakin sempit dan terkadang membuat anda merasa tidak nyaman. Hal ini dapat dilihat seiring dengan bentuk perut anda yang semakin membesar. Pada usia ini jaringan kulit janin anda sudah mulai memiliki atau tumbuh bulu-bulu halus. Bentuk badan janin juga sudah mulai proporsional.

 

Tidak hanya perkembangan secara fisik saja, namun perkembangan janin pada kehamilan 7 bulan juga sudah mengalami perkembangan motorik. Ini dapat dilihat ketika anda merasakan jika ada sesuatu yang menendang perut anda dari dalam. Hal ini berarti janin anda sedang melakukan gerakan yang membuat anda terkadang tidak nyaman.

 

Tidak hanya itu, janin anda juga sudah mulai bisa membuka dan menutup mata. Janin anda sudah mulai latihan bernafas, hal ini dapat terlihat jika anda merasakan tendangan kecil dari dalam perut anda.

 

Pada usia kehamilan 7 bulan, janin anda sudah memiliki paru-paru yang sempurna. Dengan hal ini maka pada usia 7 bulan janin, anda sudah dapat dilahirkan ke dunia, akan tetapi perlu perawatan khusus seperti harus dimasukan ke dalam inkubator.

 

Oleh karena itu, anda harus menjaga pola makan dan memberi asupan yang lengkap bagi janin anda supaya janin anda dapat bertumbuh dengan sempurna dan lahir sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Asupan yang anda butuhkan tentunya harus mengandung vitamin seperti vitamin D dan B6, asam folat dan juga zat besi.

 

Beberapa nutrisi ini terkandung di dalam segelas susu dari Lactamil. Dalam memberikan nutrisi terhadap janin, sebaiknya anda sudah memberikannya mulai dari masa awal kehamilan anda supaya janin anda tetap tumbuh dan berkembang dengan sempurna hingga masa persalinan mendatang.

Leave a reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *