Menu

Manfaat Yodium Paling Mengesankan


Yodium adalah elemen penting, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan normal tubuh. Sekitar 60% yodium dalam tubuh manusia disimpan di kelenjar tiroid. Manfaat kesehatannya memainkan peran yang sangat penting dalam fungsi normal kelenjar tiroid, yang mengeluarkan hormon tiroid yang mengendalikan tingkat metabolisme dasar tubuh. Sebenarnya, tanpanya, hormon tiroid bahkan tidak bisa disintesis.

Yodium mengendalikan fungsi kelenjar tiroid, yang, pada gilirannya, memiliki pengaruh signifikan terhadap proses metabolisme dalam tubuh. Ini membantu dalam pemanfaatan kalori secara optimal, sehingga mencegah penyimpanan sebagai kelebihan lemak. Manfaat lainnya termasuk pengangkatan racun dari dalam tubuh dan bantuan untuk sistem dalam memanfaatkan mineral seperti kalsium dan silikon.

Kekurangan yodium bisa berdampak serius pada tubuh. Gejala kekurangannya meliputi frustrasi, depresi, keterbelakangan mental, tingkat persepsi yang buruk, gondok, kenaikan berat badan abnormal, penurunan kesuburan, kulit kasar, kemungkinan lahir mati pada ibu hamil, konstipasi, dan kelelahan. Pada kasus yang parah, keterbelakangan mental yang terkait dengan penyakit seperti kretinisme, ditandai dengan malformasi fisik, bisa jadi hasilnya. Menurut laporan WHO, kekurangan ini adalah salah satu penyebab utama keterbelakangan mental di seluruh dunia.

Agak jarang terjadi kekurangan ini di Amerika Utara, karena banyak bahan makanan tumbuh di tanah kaya yodium atau mengandung garam, yang seringkali beryodium di beberapa negara. Namun, banyak negara tidak mengoksidasi garam dan daerah mereka yang menanam tanaman dan ternak pada jarak yang jauh dari perairan pantai cenderung tidak memiliki tanah kaya yodium. Tubuh membutuhkan 100-200 mcg yodium per hari, dan 1/4 sendok teh garam beryodium mengandung sekitar 95 mcg yodium, jadi Anda dapat melihat mengapa daerah dengan akses terhadap garam beryodium cenderung mengalami defisiensi yodium.

Sumber Penting Yodium

Ini hadir dalam jumlah besar di kedua tumbuhan dan hewan laut, termasuk kerang, ikan bandeng air dalam, dan rumput laut coklat, yang dapat menyerap yodium dari air laut. Pastikan untuk memasukkan kaleng ikan kaleng kalengan, tuna kalengan, lobster, tiram, kerang, cod, haddock, halibut, herring bertengger, salmon, bass laut, dan udang dalam makanan Anda. Dulse, rumput laut, rumput laut, bawang putih, kacang lima, chard Swiss, squash musim panas, biji wijen, kedelai, lobak hijau, dan bayam adalah beberapa sumber yodium lainnya. Garam beryodium adalah sumber penting lainnya dan tukang roti secara teratur menambahkan yodium ke adonan roti sebagai zat penstabil.

manfaat yodium

manfaat yodium

Manfaat Kesehatan Yodium

Unsur ini diperlukan untuk memastikan perkembangan dan metabolisme yang tepat pada manusia. Manfaat kesehatan spesifik meliputi:

Mengatur Tingkat Metabolik
Yodium mempengaruhi fungsi kelenjar tiroid dengan membantu produksi hormon, yang secara langsung bertanggung jawab mengendalikan laju metabolisme dasar tubuh. Tingkat metabolisme mempengaruhi efisiensi dan kemanjuran sistem organ dan proses reguler, termasuk penyerapan makanan, siklus tidur, dan transformasi makanan menjadi energi yang dapat digunakan.

Garam yodium

Hormon tertentu, seperti tiroksin dan triiodothyronine, mempengaruhi denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan suhu. Tubuh mempertahankan BMR (Basic Metabolic Rate) dengan bantuan hormon ini, yang juga membantu dalam sintesis protein. Memastikan penciptaan normal dan distribusi di tubuh adalah kunci untuk menjaga kesehatan.

 

Mengoptimalkan Energi
Yodium memainkan peran penting dalam menjaga tingkat energi optimal tubuh dengan memastikan penggunaan kalori secara efisien, tanpa membiarkannya disimpan sebagai kelebihan lemak.

Perawatan Kulit & Rambut
Manfaat kesehatan yodium meliputi pembentukan kulit, gigi, dan rambut yang sehat dan mengkilap. Ini adalah elemen penting untuk perawatan rambut, karena kekurangan mineral ini bisa mengakibatkan rambut rontok. Selain itu, juga mempercepat pertumbuhan rambut dan meningkatkan kekuatan folikel.

Mencegah lahir mati
Jumlah yodium yang cukup pada ibu hamil sangat penting untuk mencegah kelahiran mati atau kondisi neurokognitif seperti kretinisme pada bayi yang baru lahir. Hal ini dapat menyebabkan hipertensi gestasional, yang dapat mengakibatkan sejumlah komplikasi pada masa bayi. Ini memastikan pergerakan dan pertumbuhan bayi yang tepat, bersamaan dengan kemampuan berbicara dan pendengaran. Selain itu, selain mempengaruhi kesehatan bayi begitu dikandung, kekurangan yodium sebenarnya bisa membuat wanita tidak subur.

Salah satu masalah yang dihadapi banyak wanita hamil adalah tidak menyadari bahwa mereka harus mengkonsumsi yodium untuk anak dan diri mereka juga karena melewati payudara.

Leave a reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *