Menu

Manfaat Okra Untuk kesehatan


Popularitas Okra memanglah belum juga demikian popular, tetapi negara-negara di lokasi Asia Tengah ataupun Asia Selatan, tanaman ini telah demikian popular serta bahkan juga telah banyak penggemarnya. Okra adalah sayuran buah yang bisa dibuat jadi bermacam makanan lezat serta bermanfaat untuk kesehatan. Menanamnya juga gampang bisa dikerjakan di tempat sempit seperti ditanam memakai system hidroponik system fertigasi.

Okra yang di kenal dalam bhs latin Abelmoschus Esculentus, termasuk juga tanaman genus Hibiscus dari famili Malvaceae (kapas-kapasan). Tanaman ini popular dengan arti Lady’s Finger karna bentuk buahnya yang panjang serta meruncing dibagian ujungnya, seperti jari-jari lentik gemulai seseorang wanita cantik.

Okra datang dari Benua Afrika serta dibawa ke Amerika sekitaran 3 era lantas oleh beberapa budak Afrika. Sekarang ini tanaman okra telah terkenal di beberapa negara di Asia, eropa, serta Australia. Bahkan juga masakan memiliki bahan basic okra begitu popular di Sri Langka, Jepang, Philipina, Arab Saudi serta Eropa. Di Indonesia okra tidaklah terlalu di kenal, meskipun nyatanya tanaman ini telah dibudidayakan mulai sejak beberapa ratus tahun yang lalu.

Kandungan Gizi serta Khasiat Buah Okra

Okra adalah tanaman kaya protein serta serat. Kandungan minyak yang terdapat pada biji okra sebesar 40%. Minyak biji okra kaya asam lemak tidak jemu seperti asam oleat serta asam linoleat. Buah okra memiliki kandungan protein sebesar yakni 3, 9% serta lemak 2, 05%. Daya didalam 100 gr buah okra 40 kkal. Mineral didalam buah okra yaitu kalium (6, 68%) serta fosfor (0, 77%).

Okra termasuk juga sayuran hijau yang kaya serat pangan. Terkecuali serat, okra juga memiliki kandungan glutation. Serat begitu perlu untuk badan karna bisa menghindar konstipasi (sulit buang air besar), obesitas, hiperkolesterolemia (cholesterol tinggi), diabetes (kencing manis), serta kanker kolon (usus besar).

Serat pangan dibagi jadi 2 type, yakni serat larut (soluble dietary fibre) serta serat tidak larut (insoluble dietary fibre). Serat larut air (SDF) memiliki kekuatan hipokolesterolemik atau turunkan kandungan cholesterol darah. Mekanismenya yakni, kekuatan menahan reabsorpsi garam empedu dari usus kedalam darah, hingga garam empedu banyak yang diekskresi.

Garam empedu disintetis dari cholesterol darah oleh hati. Terbuangnya garam empedu juga akan turunkan cholesterol darah.

Serat tidak larut (IDF) bertindak paling utama menghindar perubahan kanker kolon. IDF juga akan tingkatkan volume feses, hingga mengencerkan konsentrasi senyawa karsinogen. Keadaan ini juga akan turunkan peluang senyawa karsinogen berhubungan dengan dinding usus, hingga mengecilkan kemungkinan kanker.

IDF juga turunkan saat transit feses di usus, hingga bisa membuat lancar buang air besar. Fermentasi serat oleh bakteri usus yang untungkan (bakteri asam laktat) juga akan turunkan pH di usus besar, hingga bisa menghimpit perubahan kanker kolon.

Okra, Bermanfaat Untuk Menghindar Kanker

Warna hijau pada sayuran okra, dikarenakan ada pigmen klorofil. Klorofil mempunyai sejuta manfaat karna berbentuk antiradang, antimutagenik, antikanker, serta anti-oksidan. Beberapa antimutagenik serta antikanker, klorofil bisa menghindar kanker hati serta kanker kolon.

Jadi anti-oksidan, klorofil bisa menghindar oksidasi cholesterol jahat oleh radikal bebas, hingga pembentukan plak pada pembuluh darah (aterosklerosis) bisa dihindari. Klorofil dapat juga mengobati luka tanpa ada dibarengi pembengkakan.

 

Khasiat Okra Untuk Kesehatan

Langkah Memakai Okra Untuk Pasien Gula Darah serta Kolesterol

3 atau 4 buah okra, dirajang tidak tebal, di rendam dalam 2 gelas air, lantas masukan di kulkas sepanjang kurang lebih 3 (tiga) jam.
Hasil dari rendaman ini airnya jadi berlendir.
Setelah itu diminum air nya saja, baik untuk diminum sesudah makan.
Sesudah airnya habis diminum, lebih 2 gelas air sekali lagi.
Hasil rendaman ke-2 ini lendirnya lebih kental.
Sejuk dingin rasa-rasanya, untuk minuman se hari-hari
Irisan okra ini bisa di rendam hingga 3 kali.
Untuk Pasien Asam urat serta cholesterol, Setelah 12 -14 hari, check darah Anda di laboratorium. Apabila akhirnya baik, mungkin saja dapat stop obat dokter, pakai okra jadi pengganti obat.

Untuk pria yg sakit diabetes, impoten, minum rendaman Okra ini hingga 1 bulan, serta rasakan akhirnya. Untuk yang sakit lutut terkena Osteo Arthritis, sakitnya bisa mereda dengan minum air rendaman ini.

Selamat coba mudah-mudahan tetaplah sehat serta bugar, Salam Sehat!

Leave a reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *