Menu

Kajian Sederhana Dengan Surat Al-Waqiah


Surat Al-Waqiah  – Baiklah kali ini saya akan membahas mengenai surat alwaqiah, surat yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Ada banyak ustad-ustad yang telah membahas surat ini, contohnya saja adalah Ustad Yusuf Mansur, beliau selalu memberikan motifasi agar terus membaca dan menghafal Al-quran.

Kajian Sederhana Dengan Surat Al-Waqiah

Dan ada beberapa surat dari Alquran yang coba dan wajib dibaca disetiap harinya, ada 4 kalau gak salah, yaitu Surat Arrahman, Surat Mulk, Surat Yasin, dan Surat Al-waqi’ah tentunnya.

Untuk masing-masing surat bisa dipilih kapan akan dibaca, yang penting adalah keistiqomaah kita dalam mendawamkan surat-surat alquran ini.

Sebenarnya untuk baca alquran, surat apapun boleh, dan karena kita tinggal di Indonesia dan yang paling di kenal adalah surat-surat itu, maka yang paling mudah dibaca ya surat-surat ini.

Pernah saya bertanya mengapa harus surat-surat itu, eh tanpa sadar sih, karena sering membaca surat itu, ada beberapa surat yang otomatis bisa dihafal dengan tanpa disadari.

Artinya semakin sering surat itu diulang-ulang, maka akan dengan sendirinya bisa kita hafal walaupun hanya mendengarkannya saja, wow Masha Allah ya.

Nah untuk Surat Alwaqiah ini sendiri tergolong dari surat ke 56 dalam Alquran. Surat yang terdiri dari 96 ayat, dan surat ini masuk di golongan surat Makkiyah, yang artinya surat alwaqiah turun di kota Makkah.

Isi dari Surat Alwaqiah itu sendiri banyak sekali pesannya, dan ada ilmu yang  harus kita petik dari surat alwaqiah itu sendiri.

Dan surat ini juga mengajarkan tentang tauhid, yaitu keyakinan penuh dengan sepenuh hati terhadap Allah Pencipta Alam Semesta ini, kemudian surat ini juga menginformasikan tentang kehidupan kita setelah hari kiamat.

Akan ada 3 golongan yang akan terjadi nanti, yaitu golongan kanan, golongan kiri, dan golongan orang-orang terdahulu.

Dan semoga kita masuk dalam golongan yang Allah kasihi, dan Allah beri rahmat, sehingga kita bisa masuk surga Allah dengan penuh kedamaian.

Nah demikian beberapa ulasan mengenai surat alwaqiah, semoga artikel kumpulan doa Islam ini dapat bermanfaat buat kita semua ya, sampai jumpa dan terimakasih.

Leave a reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *