Menu

Contoh Invoice Format Document dan Excel bisa di-Download


Perekonomian semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Contohnya saja dalam sistem pasar dimana tidak sesederhana dengan hanya sekedar pertemuan antara penjual dan pembeli lalu terjadi transaksi atau barter lalu selesai begitu saja. Meskipun memang sistem jual beli tradisional ini masih ada hingga saat ini, namun berbeda dengan dahulu sistem pasar kini telah dikembangkan dengan berbagai varian cara yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Berhubung kebutuhan yang harus dipenuhi bukan hanya mencangkup individu melainkan suatu perusahaan besar.

Bila kita melihat apa yang dibutuhkan suatu perusahaan, tentu saja bukan hanya pendapatannya saja yang harus mengalir, tapi kebutuhan akan sumber daya dan faktor produksi dalam jumlah besar. Perusahaan pun sudah terbentuk dalam sistem organisasi atau manajemen yang kompleks sehingga dalam pemenuhan kebutuhannya pun sudah tak bisa sesederhana pertemuan produsen dengan konsumen lagi. Kini dalam sistem jual beli pun sudah muncul pasar online atau sudah ditentukan dari awal penyedia sumber daya langganan sejak awal ditambah dengan pemberian surat khusus berupa contoh invoice.

Bagi anda yang sudah terbiasa begelut di dunia bisnis pasti sudah tak asing dengan kata ini karena sering menemuinya setiap saat. Bahkan bagi anda yang memiliki peran konsumen pun sebetulnya pernah memiliki surati invoice seperti ini. Contoh sederhananya, bisa anda lihat ketika anda selesai berbelanja di suatu market atau toko-toko tertentu. Maka bisa anda perhatikan bahwa kasir tersebut memberikan secarik kertas berisi daftar barang yang anda beli beserta total harga yang harus dibayar. Apakah sekarang sudah terbayang seperti apa invoice itu?

Pengertian Invoice beserta Fungsinya

pengertian invoice beserta fungsinya

pengertian invoice beserta fungsinya

Perlu diketahui bahwa invoice merupakan surat penagihan dimana isinya berupa daftar barang sesuai yang dibeli pelanggan beserta total harga. Invoice selalu diberikan sesudah pelanggan telah menerima langsung barangnya, itupun dalam kondisi pelanggan akan membayar langsung cash atau diutangkan terlebih dahulu. Jadi surat invoice ini bisa digunakan sebagai surat bukti beli atau utang/piutang. Mungkin kata umum yang sering digunakan adalah faktur, jadi peran invoice juga bisa berguna baik untuk pihak perusahaan/penjual maupun pembeli. Contoh invoice sendiri biasanya selalu dibuat dalam 3 jenis.

Tentu saja untuk kegunaan yang berbeda, yang ketiganya berupa invoice fotokopi berwarna. Lembar invoice pertama digunakan bagi pihak pembeli yang telah melunasi pembayaran, lembar kedua sebagai arsip di bagian penjualan dan lembar ketiga sebagai bukti untuk ditulis dalam laporan keuangan. Supaya lebih jelas lagi, berikut adalah fungsi dari invoice :

  • Sebagai surat bukti pembayaran dan bukti transaksi antar penjual dan pembeli
  • Agar bisa mengetahui daftar harga yang dibeli bagi pelanggan
  • Sebagai informasi mengenai berapa jumlah transaksi yang harus dibayar
  • Pembeli berhak menerima/menolak barang bila kualitas barangya yang belum bagus, sehingga akan dicantumkan sebagai retur.
  • Rujukan atau bukti absah untuk dijadikan format yang dicatat dalam laporan keuangan
  • Berguna sebagai bukti surat utang/piutang bila pembeli membeli barang tersebut secara kredit

Dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Jadi bisa disimpulkan bahwa invoice memiliki peran besar dan selalu digunakan dalam berbagai golongan pihak dan masyarakat. Bagi anda yang sedang membutuhkan contoh invoice untuk digunakan sebagai format faktur resmi untuk perusahaan atau untuk kebutuhan lainnya anda bisa download langsung disini.

Leave a reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *