Menu

Cara Memasak yang Patut Diperhatikan


Cara memasak yang patut diperhatikan. Terkadang ibu ibu dirumah yang memasak makanan untuk gizi anak tidak memperhatikan hal hal sepele pada saat mereka memasak. Tips yang satu ini sangat cocok untuk ibu ibu di rumah yang suka memasak makanan di dapur. Memasak yang baik dan benar juga ada caranya loh agar tidak merusak gizi yang terkandung pada sayur dan makanan itu sendiri. Memasak yang baik dan sehat juga berpengaruh pada kesehatan kita. Anda tidak mau kan kalau anak anak di rumah mencicipi makanan yang kurang sehat.

Mungkin banyak hal hal di bwah ini yang patut anda coba yang dapat menambah pengetahuan anda tentang tata cara memasak yang patut diperhatikan. Jika hal tersebut kita lakukan, maka alhamdulilah gizi pada makanan tersebut terpenuhi. Yuk langsung saja disimak.

Cara Memasak yang patut diperhatikan

Ada beberapa hal yang setidaknya harus anda perhatikan dalam urusan memasak yang baik dan sehat, agar hasil dari masakan yang anda masak juga maksimal dan baik serta menyehatkan diri kita yang memakannya.

1. Memanggang

Dalam proses pemanganggan, memang pada dasarnya terbilang sangat sehat karena tidak adanya penggunaan minyak dalam proses memasak tersebut. Namun jangan salah dahulu, proses pemanggangan ini sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu kebersihan daripada alat pemanggangan itu sendiri. Lakukan proses pemanggangan ini dengan cara yang bersih dan benar agar tidak merusak kandungan gizi makanan.

2. Merebus

Dalam proses perebusan, juga memang pada dasarnya tidak memerlukan minyak. Nah terlebih lagi jika anda merebus daging. Maka lemak pada daging itu akan lebih mudah untuk dihilangkan dalam proses perebusan tersebut. Kuah sup yang dihasilkan dalam proses masak metode merebus ini dapat dapat menjaga kandungan gizi dalam makanan serta citarasa pada makanan agar lebih nikmat tentunya.

3. Menumis

Dalam proses penumisan, makanan yang sudah ditumis hanya membutuhkan sedikit lemak sehingga dalam proses penumisan ini kita dapat meminimalisir terjadinya kelebihan lemak dan kolesterol. Proses penumisan memang membutuhkan waktu yang cukup singkat sehingga dalam proses ini makanan yang kita masak akan terjaga kandungan gizi di dalamnya. Metode penumisan ini sangat cocok untuk proses penumisan sayuran maupun pada daging.

4. Mengukus

Mengukus makanan akan membuat cita rasa yang lezat dan kandungan gizi pada makanan yang di masak akan tetap terjaga nilai gizinya. Bisa kita katakan bahwa segal jenis makanan dari sayur sayuran sampai ikan dapat kita masak dengan cara mengukus. Metode mengukus sangat bagus untuk anda yang sedang menjalani program diet hidup sehat demi menghindari minyak yang berlebihan.

5. Menggunakan Microwave

Memasak dengan metode ini diyakini adalah metode yang paling praktis dibandingkan proses memasak yang lainnya. Memasak dengan microwave ini selain sehat dan hemat dalam dalam proses memasaknya, juga terbilang paling mudah untuk jangka panjang.

Metode dan cara memasak yang manapun yang anda pilih, pastikan terlebih dahulu anda mencuci bahan makanan tersebut sampai benar benar bersih. Biasanya sayur sayuran maupun daging pada saat anda membelinya pasti masih mengandung kuman dan bakteri tak terlihat dan bahkan mungkin masih ada sisa pestisida yang menempel pada sayuran anda. Seperti yang kita ketahui bahwa kuman dan bakteri sangat berbahaya pada kesehatan kita. Alangkah baiknya lagi jika anda dapat memastikan resep makanan yang anda pilih biasanya memiliki tips tips cara memasak yang patut diperhatikan.

Leave a reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *