Menu

Berwisata Mengunjungi Jejak-jejak Warisan Gubernur DKI Jakarta, Pak Basuki


Sejak pagi hari nampak terlihat ratusan warga dari Jakarta dan sekitarnya telah memenuhi halaman Balai Kota Jakarta, di Medan Mereka Selatan.

Berwisata Mengunjungi Jejak-jejak Warisan Gubernur DKI Jakarta, Pak Basuki

Berwisata Mengunjungi Jejak-jejak Warisan Gubernur DKI Jakarta, Pak Basuki (Sumber: kompas.com)

Rupanya, mereka hendak berwisata mengunjungi jejak-jejak warisan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa Ahok.

“Rute yang bakal ditempuh ada 2 , pagi dan malam. Pada Pagi hari kita mengunjungi jejek-jejak warisan bapak Ahok di Balai Kota-bus tingkat-RPTRA Kalijodo. Malam kita ke Air Mancur Joget,” ujar Ira, Pendiri Jakarta Food Adventure yang menggelar tur itu di Balai Kota Jakarta, pagi itu.

Mulai pukul 09.00 sebanyak 200-an wisatawan dari berbagai usia tersebut, mulai menelusuri luar dalam Balai Kota.

Uniknya wisata Balai Kota kali ini, para tour guide memaparkan apa saja kebijakan khas, sampai kebiasaan Ahok yang berbeda dari gubernur-gubernur sebelumnya.

“Salah satu ruang makan ini, seringkali digunakan pak Ahok ngumpulin anak magang dan pelatihan buat ngevaluasi senior-seniornya (pegawai Balai Kota). Kan anak magang lebih polos, cederung jujur, tapi takut, jadi dikumpulin di sini, habis tersebut dikasih es krim biar semagat,” ujar Diana saat memandu di ruang makan gubernur, Balai Kota Jakarta.

Terhitung ada seratusan wisatawan yang terbagi dalam 5 grup tersebut bergantian masuk, mulai meja rapat, ruang VIP, balairung, ruang makan, dan beragam ruang rapat lainnya.

Sesudah tersebut mereka ke Jakarta Smart City yang bisa memantau beragam keperluan di Ibu Kota, termasuk lokasi harga tanah tertinggi, lokasi sembako termahal dan yang lainnya.

“Gak nyangka ya, padahal saya masyarakat Jakarta tapi kok baru tahu kalau Pak Ahok bikin smart city ini. tutur wisatawan asal Bintaro itu.

Lepas itu, rombongan wisatawan juga diajak mencicipi kuliner yang ada di area Festival Kuliner Balai Kota. Ada nasi uduk jengkol, bir pletok hingga pempek palembang.

Semenjak Balai Kota sepi pengunjung, sayangnya ragam kuliner di sini telah makin sedikit Tapi tenang saja, bagi yang mau ke sini di akhir pekan, masih tersedia sejumlah pilihan kuliner.

Sesudah itu wisatawan juga dikenalkan dengan peninggalan mesjid terbesar di Balai Kota Jakarta, yang diinisiasi oleh Ahok. Dengan bangunan dua lantai, lengkap dengan pendingin udara, mesjid ini amat nyaman bagi umat Muslim yang mau beribadah

Leave a reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *