Menu

Belajar Budaya dan Sejarah di Museum Wayang Banyumas


museum wayang sendang mas

Museum wayang sendang mas yang berada di banyumas adalah salah satu objek wisata yang kurang terkenal dan bahkan dilupakan oleh masyarakat. Padahal ada banyak pelajaran yang bisa kita petik dari lakon pewayangan apalagi wayang merupakan sebuah karya seni asli indonesia yang sudah diakui oleh dunia dan di bubuhkan sebagai budaya asli Indonesia.

Siapa yang tak kenal dengan seni wayang? Rasanya semua orang Indonesia tahu tentang seni dan pertunjukkan wayang, meski banyak yang tidak tahu alur cerita dari pagelaran wayang. Bagaimanapun wayang merupakan budaya turun temurun yang harus kita lestarikan dan keberadaan museum wayang sangat punya peran dalam pelestarian itu.

Museum wayang sendang mas ini di bangun pada tahun 1983 atas usulan dari soeparjo rustam dan tokoh tokoh banyumas lainnya. Tujuan pembangunannya tidak lain adalah untuk melestarikan budaya wayang dan memperkenalkan kepada generasi penerus akan tidak hanya kenal dengan seni modern dan melupakan seni leluhur khususnya wayang. Museum ini menempati bangunan kuno di salah satu kompleks bekas kabupaten banyumas dan memiliki banguna seluas 252 meter persegi.

Seperti umumnya sebuah museum, koleksi museum sendang mas pun berupa barang barang antik peninggalan generasi terdahulu. Adapun koleksi yang dimiliki oleh Museum sendang mas antara lain:

Wayang

  • Wayang Kidang Kencana dibuat oleh Sultan Hadi Wijawa atau Jaka Tingkir pada tahun 1556 pada masa pemerintahan Kerajaan Pajang.
  • Wayang Beber dibuat oleh Prabu Bratana Hayam Wuruk pada tahun 1361 pada masa pemerintahan Kerajaan Majapahit.
  • Pandawa Bali dibuat oleh Raja Ugrasena ditemukan R. Goris di kabupaten singa Raja Bali pada tahun 1896 Masehi.
  • Wayang Kancil dibuat oleh Boleiem di Surakarta pada tahun 1925.
  • Wayang Krucil dibuat oleh Pangeran Pekik atau Adipati Surabaya pada tahun 1971 di Surabaya.
  • Wayang Krucil Golek Purwo dibuat oleh Yayasan kerajinan Rakyat pada tahun 1965 di Yogyakarta.
  • Wayang Krucil Golek Merak dibuat pada Zaman pemerintahan Mangkunegara pada Abad VII tahun 1916 s/d 1944.
  • Wayang Suluh dibuat oleh R.M Soetarto Hardijowahono pada tahun 1920 di Surakarta sebagai media penyuluhan Jawatan penerangan RI.
  • Wayang Suket dibuat oleh Ki Dalang Slamet Gundono pada Abad ke XV di Solo.
  • Wayang Adam Ma‚Äôrifat dari seorang Dwija Siswaya tentang ajaran Tasawuf.

Benda Pusaka

  • Keris
  • Tombak

Gamelan Laras Selendro koleksi tahun 1983

Benda Pra Sejarah seperti fosil dan banda purbakala lainnya yang ditemukan di Banyumas

Itulah beberapa koleksi museum wayang sendang mas banyumas dan masih ada beberapa lagi yang terlalu panjang untuk di jelaskan. Menarik bukan isi museum ini, mari kita lestarikan budaya kita dan mulai belajar dari mengenal sejarah dengan mengunjungi tempat wisata Indonesia di banyumas yang sarat nilai edukasi ini

Leave a reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *