Menu

Ayam Terlihat Sakit? Kamu Harus Tahu Ini


Mendiagnosa ayam yang sakit adalah menebak kerja. Ayam menunjukkan gejala yang sama untuk penyakit yang berbeda. Selain itu, ayam bisa sangat, sangat sakit sebelum Anda melihat ada yang salah. Mereka tidak hanya menyembunyikan penyakit, tapi seringkali berfungsi dengan baik sampai mereka meninggal dunia. Saran terbaik yang bisa saya berikan kepada siapa pun adalah: kenalilah binatang Anda. Anda harus begitu berkenalan dengan kebiasaan dan vokalisasi, salam dan kebiasaan makan mereka, begitu ada yang tidak beres, Anda tahu itu.

ayam terlihat sakit

ayam terlihat sakit

Anda akan tahu apakah ayam Anda sakit jika:

  • Dia berjongkok dengan bulu sayapnya yang menyeretnya. (Jangan bingung ini dengan broodiness, saat dia berada di kotak sarangnya, menepuk dan marah!)
  • Dia tidak makan atau minum.
  • Dia batuk, mengi, dan / atau memiliki lendir atau gelembung di matanya.
  • Dia ditutupi dengan kutu.
  • Dia pincang, atau bergerak seolah tidak nyaman.
  • Ada pelarian, atau debit berdarah dari ventilasinya.
  • Dia menderita diare (jika berwarna hijau atau kuning cerah, kondisinya serius) Atau, sama sekali tidak ada pupuk kandang.
  • Ayam-ayam lain sedang mematuknya, saat biasanya merupakan kawanan yang damai.

Segera setelah Anda melihat tanda-tanda ini, angkat ayam Anda dan periksa dia. Carilah luka, dengarkan suara penyakit pernafasan, periksa ventilasi (darah, prolaps?) Dan perutnya (bengkok dan keras, atau seperti balon air?) Rasakan berat badannya. Ayam yang sakit dengan cepat menjadi kurus dan tulang belulang mereka menonjol.

Isolasikan dia (saya menggunakan peti anjing) sehingga Anda dapat mengawasi kotoran, konsumsi makanan dan air, dan apakah dia sedang bertelur (dan seperti apa telurnya?) Anda memerlukan semua petunjuk untuk berburu ini. untuk diagnosis dan tindakan. Jika saya melihat gejala pernafasan, saya akan membuatnya tetap terisolasi untuk mencegah penyebaran penyakit ini, tapi jika tidak, setelah memeriksanya, saya akan mengembalikannya ke kawanan ternak. Kecuali ayam betina lainnya menyerangnya, tidak ada gunanya diisolasi dan di dalam rumah.

Hal pertama yang ingin saya tentukan adalah apakah betina memiliki penyakit pernafasan. Paru-paru burung berbeda dengan paru-paru pada manusia. Mereka kecil dan terselip di bagian belakang tulang rusuk. Untuk melihat lebih rinci ke dalam pernapasan burung, masuklah ke situs ini. Ayam rentan terhadap banyak penyakit pernafasan, baik virus maupun bakteri. Begitu paru-paru dikompromikan, burung akan cepat menurun. Apa yang mungkin Anda perhatikan pada awalnya karena sedikit mengi bisa cepat berakibat fatal. Meskipun saya telah melihat grafik yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi penyakit pernafasan utama yang mungkin dimiliki oleh ayam Anda, saya dapat memberitahu Anda bahwa itu tidak akurat. Itu karena saya telah membayar biaya (ratusan dolar) untuk melakukan pekerjaan laboratorium pada beberapa ayam saya yang sakit. Saya juga dapat memberitahu Anda bahwa itu tidak masalah penyakit yang dia miliki – tidak hanya pilihan pengobatan Anda terbatas, namun pada saat hasil lab kembali, ayam Anda kemungkinan sudah akan mati. Bagi petani komersial, melakukan pekerjaan lab itu sepadan dengan biaya, tapi untuk penjaga ayam di halaman belakang tidak. Tidak peduli apa kuman penyebabnya, tindakannya adalah mencoba salah satu dari dua antibiotik, duramycin atau Tylan. Intinya adalah jika ayam betina Anda mengalami kesulitan bernafas, atau jika Anda mendengar suara terengah-engah dan mengi, jangan menunggu. Baca posting ini dan yang ini tentang penggunaan antibiotik.

Jika bukan pernafasan, maka Anda mungkin khawatir karena ada yang salah dengan ayam Anda – dia terlihat lesu, sedang membungkuk, tidak makan, mungkin sisirnya sudah pucat, atau dia tampak berusaha untuk meletakkan sebutir telur. Tindakan pertama saya adalah Pengobatan Spa saya, yang pada dasarnya adalah ramuan epsom salt, dosis minyak zaitun, dan KLT. Ini sangat efektif dan membawa banyak ayam betina kembali dari tepi jurang. Ia bekerja ketika ada yang saya sebut ketidakseimbangan input dan output. Untuk menciptakan telur itu, ayam betina harus mencerna dan mengolah makanan, lalu mengedarkan mineral, dll melalui darah, lalu memanfaatkannya untuk menghasilkan telur. Terkadang sistem rumit itu gagal. Ayam betina akan terlihat tidak nyaman, mungkin membungkuk, mungkin berjalan-jalan tapi tidak lapar. Terkadang dia lemah dan saluran pencernaannya menjadi tersumbat. Dalam kasus tersebut, Perawatan Spa akan memperbaiki keadaan. Jika tidak, maka ada sesuatu yang sangat salah terjadi di dalam ayam Anda.

Leave a reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *