Menu

Apa itu NFC dan untuk apa fungsinya?


apa itu nfcaditw.com – Jika kita tengok spesifikasi smartpone jaman sekarang rata rata sudah dibekali dengan yang namanya NFC. Terkadang orang membeli sebuah smartphone hanya untuk gaya sehingga yang dipilih hanyalah komplit tidaknya fitur yang tersemat di dalam gadget incaran tanpa pernah memikirkan lagi berapa harga yang harus ditebus. Padahal setiap fitur yang ditambahkan ke sebuah perangkat sama dengan bertambahnya harga dari perangkat tersebut dan itu pula yang harus dibayar oleh pembeli.

Lalu pertanyaannya layakkah kita membeli sebuah gadget yang mempunyai selisih harga hingga mendekati angka satu juta rupiah hanya demi mendapatkan sebuah fitur yang disebut NFC? Mari kita kupas terlebih dahulu apa itu NFC. NFC adalah kependekan dari Near Field Communication atau jika dalam bahasa indonesia bisa diartikan komunikasi jarak dekat. Pengertian dari NFC itu sendiri adalah suatu bentuk komunikasi tanpa kabel pada jarak dekat dengan menggunakan frekuensi gelombang dimana gelombang yang digunakan lebih kecil dari gelombang sinyal operator sehingga tidak ada interfensi gelombang yang menyebabkan terjadi gagal komunikasi.

Jika pada metode komunikasi atau transfer menggunakan bluetooth bisa dilakukan pada jarak hingga 10 meter maka lain cerita dengan teknologi NFC ini, jarak pemakaian komunikasi adalah maksimum 10 cm. Namun begitu meski mengharuskan jarak yang dekat namun untuk urusan transfer teknologi NFC ini mengalahkan bluetooth dalam hal kecepatan yang mampu berlari 10x lebih kencang dari teknologi bluetooth terbaru.

Jadi bagi pengguna smartphone yang telah tersemat tekologi NFC di dalamnya akan sangat terbantu ketika harus saling berbagi file yang berukuran besar. Selain fungsi diatas sebenarnya NFC mempunyai kemampuan yang jika dimanfaatkan akan sangat berguna terutama dalam hal pembayaran. Seperti kita ketahui sekarang ini sedang digalakkan program non tunai dimana setiap orang dihimbau untuk menyimpan uangnya dalam dompet digital atau dalam kartu uang (emoney). Jika saat ini di indonesia, smartphone yang mempunyai NFC hanya difungsikan untuk mengecek saldo dari kartu emoney mungkin kedepan Tenologi NFC akan lebih dioptimalkan untuk mendukung program non tunai.

Leave a reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *